05 Januari 2005

Musrenbang 5 Januari 2005


Tag Peserta
Originally uploaded by Rio Menajang.
Hari ini mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional - Jangka Menengah (RJPM) di Bappenas. Dokumen RJPM yang menggantikan dokumen Repelita dalam proses penyusunannya juga melakukan konsultasi publik. Bersama dengan orang2 dari berbagai instansi pemerintah dan dari berbagai pemerintah daerah rekan2 'civil society' turut di undang untuk mengikutinya.
Bagian dari demokratisasi, memang kelihatan membingungkan terutama bagi rekan-rekan birokrasi yang tidak terbiasa dengan alam keterbukaan. Tetapi juga suasana keterbukaan ini menjadi alasan merosotnya koordinasi antar instansi yang walau dikeluhkan tetapi lebih baik pada era Orde Baru.
Hal ini tampak dari adanya beberapa instansi yang tidak memberi masukan pada proses penyusunan naskah RJPM. Juga pergantian sistem penganggaran dengan penggunaan sistem anggaran berbasis kinerja kelihatannya belum terhubung dengan proses perencanaan jangka panjang dan menengah.
Juga terdengar keluhan bahwa dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RJPM) ini bahkan disusun sebelum ada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP). Pada sisi lain juga dijadikan alasan munculnya aktor baru, yakni DPR yang menjadi aktor penting yang dapat merubah susunan anggaran. Proses belajar dan penyempurnaan yang diharapkan tidak berlangsung terlalu lama. Penggunaan sumber daya yang tidak efektif dan tidak aspiratif sebagai akibat lemahnya perencanaan sesungguhnya merupakan korupsi politik terbesar.

Tidak ada komentar: