11 Januari 2005

BlogFam (Blogger Family) ~ View Forum - Berbagi Suka Dan Duka

BlogFam (Blogger Family) ~ View Forum - Berbagi Suka Dan Duka

Ini catatan tentang komunitas blogger Indonesia ... Aku sudah ikutan bahkan udah naik kelas satu kali. Komunitas yang dominan emak2, atau awalnya didirikan oleh emak2 yang gerah sama ABG, tapi dalam perkembangannya jadi kemana-mana (termasuk terinfiltrasi anasir2 begini ini). Namun bukan terinfiltrasi kok ya, memang sudah berubah khithoh-nya, bersama perubahan komposisi anggota secara perlahan dan tidak terasa.

Ada keinginan untuk mengetahui komunitas blogger Indonesia yang lain, untuk membandingkan komposisi anggota dan kecenderungan serta tendensi. Bagaimana penekanan jatidiri sebagai keluarga (Blogfam) dan teknis (BLogbugs), mendapatkan bentuk dalam perjalanannya.

Bagaimana pengaruh teknologi terhadap pola relasi dan interaksi dalam konteks budaya, merupakan hal yang mungkin perlu di perhatikan. Apakah karakter keterbukaan internet membuka ruang kesetaraan, atau hanya memperkuat struktur pola hubungan sosial yang sbelumnya sudah ada? Bisakah mengharap perubahan/perbaikan dari perangkat teknik dan personalia yang berkecimpung dalam alam internet dengan membuat blog?

Pada sisi lain perlu di cermati bahwa angka global pengguna internet tertinggi adalah untuk browsing situs porno (yang merendahkan sesama), namun dari peristiwa bencana Tsunami blog khususnya dan internet pada umumnya berperan besar menggugah semangat solidaritas sesama pada tingkat global dengan setidaknya indikaator besarnya sumbangan, belum lagi simpati dalam berbagai bentuk lain yang nampak di internet.

Kemana arah perkembangan sejarah peradaban manusia? Internet dan blog, merupakan satu titil kecil yang membawa kemungkinan arah perubahan kedepan, dengan pola interaksi dan relasi sosial. Mungkin perlu menyimak artikel tentang "middle space, many to many" (yang kalau tidak salah telah di kutip sebelumnya di situs ini).

Tidak ada komentar: