20 Desember 2004

Mau punya situs blog sendiri? Gampang kok

Kalau akamu bisa sampai ke sini, bisa nulis2 dikit, kamu bisa punya situs blog sendiri deh. Di bagian atas situs weblog ini (blog) ada kan "have your own blog" klik saja, lalu ikuti. Dengan sedikit bahasa Inggris kamu pasti bisa deh.
Kamu akan diminta untuk mengisi sedikit info tentang kontak kamu (biasa kan), terus kamu bisa mengisi tentang siapa kamu (sperti yang disamping ini); juga kamu bisa isi apa yang mau kamu isi di situs blog kamu ini (seeprti yang di atas itu). Aku yang tidak bisa program apa-apa aja bisa beres2 aja kok ikutin bikin situs blog begini. Kmau juga pasti bisa deh.
Seandainya ada pertanyaan tinggalkan saja comment di sini, nanti aku coba untuk membantu. Seandainya ada kesulitan juga silahkan aja kirim email ke rio.menajang (@) gmail.com.
Untuk bisa meletakan foto, aku menggunakan program picasa (sekalian untuk menarik foto dar kamera Nikon Coolpix) dan helo yang bisa langsung memposting ke situs blog ini. Caranya mudah aja kok, dari Picasa kita send ke Helo, dari helo kita kirim aja ke blogbot (kita musti isi user id dan password blogdrive kita dong). Selanjutnya kita bisa mengisi komentar (lihat foto2 di bawah yang ada "posted by hello".
Cara lain yang aku gunakan adalah dengan mengupload ke Flickr, yaitu situs khusus untuk memajang foto2 kita di internet, juga bisa liat foto2 orang lho. Dari sana ada fasilitas untuk mengirim (link) foto ke blogger ini. Nah, jadi kalo mau bikin cerita dengan foto tidak susah kan. Dan semua aku lakukan ini halal (gak ada bajakan) dan gratis. Beberapa foto yang aku modifikasi dikit, lagi belajar nih aku pake GIMP, itu seperti photoshop tapi gratis, tapi cukup canggih juga kok.
Tapi mungkin yang perlu kita pertimbangkan adalah bahwa dengan banyak foto agak kasihan juga sih sama temen2 yang koneksi internetnya tidak terlalu cepat, mereka akan butuh waktu lama untuk membuka situs blog aku nih. So, faktor itu perlu menjadi pertimbangan juga.
Jadi kalau mau bercerita di internet, atau mau punya website sendir, dari pada susah bikin saja situs blog, mudah dan gratis. Mulai saja sekarang, klik itu di atas "have your own blog".

Tidak ada komentar: