06 Desember 2004

Main Page - FreeMind - free mind mapping software

Main Page - FreeMind - free mind mapping software: "FreeMind is a premier free mind-mapping software written in Java. The recent development has hopefully turned it into high productivity tool. We are proud that the operation and navigation of FreeMind is faster than that of Mind Manager because of one-click 'fold / unfold' and 'follow link' operations."

Buat yang tertarik dengan 'mind map' dari situs ini bisa di dapat software gratis yang baik. Untuk hal-hal dasar tidak kalah dari software komersial yang berharga puluhan bahkan ratusan dolar.

Dengan 'mind map' kita mencatat gagasan2 pokok dan keterkaitannya dengan berbagai gagasan yang membentuknya, seperti membuat ragangan atau outline, tetapi secara grafis sehingga juga bisa memuat gambar sebagai bagian dari catatan. Berbagai pokok gagasan, sebagai noda (nodes) juga bisa di link (di tautkan) dengan file yang lain (external) sehingga kita bisa menjadi sangat produktif.

Bagi banyak orang berfikir secara grafikal, mengaitkan gambar dan diagram memang lebih memudahkan untuk mengingat maupun merreproduksi gagasan. Selanjutnya kita bisa mengembangkan permaknaan sendiri untuk berbagai gambar yang ada, dengan semakin terbiasa kita akan melahirkan sistem (pemaknaan) dan pengoperasian sendiri sehingga kurva belajar (learning curve) terus meningkatkan produktifitas kita.

Karena gratis, maka untuk mengetahui apakah kita memang cenderung pada grafis atau verbal; biaya untuk mengetahuinya adalah waktu kita untuk mendownload, menginstall dan mencobanya.

Catatan penting: untuk menjalankan program ini diperlukan Java, jadi kalau komputer kita belum memiliki Java Run Time Environment, kita perlu untuk menginstallnya, program java ini agak besar. Selanjutnya terserah anda.

Tidak ada komentar: