15 Desember 2004

the cluetrain manifesto

the cluetrain manifesto
Ini mustinya perlu di baca yah. Kalao ada yang percaya bahwa teknologi informasi (internet) akan merubah dunia, ini perlu dibaca. Setidaknya karena buku ini telah dibaca dan disitir (kutip) oleh begitu banyak pemikir dan pelaku TI/IT.

Ini jadi catatan untuk meluangkan waktu membacanya sih. Terus nanti baru biokin lagi tulisan yang menguraikan serta menanggapinya.

Takutnya yang seperti ini mulai banyak nih, mungkin sudah waktunya untuk berhenti berkelana sejenak, menengok kebelakang serta menggali berbagai untaian lepas catatan perjalanan ini dan menyelesaikan hal2 yang perlu diselesaikan. Ibarat dalam perjalanan, begitu banyak foto yang kita buat tidak bisa hanya terseimpan di dalam film saja. atau juga di disc/card/atau komputer. Ada yang membutuhkan touch up, dan semua membutuhkan komentar serta penjelasan tentang makna foto itu. Kalau kita bukanbermaksud membuat post card, dan foto kita tidak merupakan foto berkualitas profesional, sering berbagai catatan justru melengkapi pengalaman dan pemahaman orang lain yang turut melihat rekaman gambar perjalanan.

Akh ini jadi tulisan yang tiada jelas apa arah dan keinginannya, tapi mungkin karena emang gitu sih ya. Nah sementara ini, sampai di sini lah dulu. Entah kemana langkah berikut akan terayun... menelusuri alam maya. Di internet dan di dalam khayalku sendiri.

Tidak ada komentar: