04 November 2004

Pada mulanya ........

Akhirnya setelah banyak mendengar dan membaca sendiri tentang fenomena blog aku memberanikan diri untuk terjun langsung. Walau tidak paham pemrograman sama sekali, rasanya apa sih hal terburuk yang bisa terjadi? Kebiasaan sehari-hari sebagai peneliti, paling tidak hobi menjadi peneliti, ada rasa ingin tahu apa sesungguhnya yang terjadi di balik fenomena blog ini. Secara lebih luas coretan perjalanan kealam maya, sesuai dengan yang dimaksudkan para pembuatnya memang hanya akan menjadi coret-coret yang tidak terutama ditujukan kepada khalayak umum, tetapi karena kehadirannya di alam maya secara gratis, yah siapa saja bisa membacanya.

Harapannya dengan berjalannya waktu ada tambahan kemampuan membuat website, paling tidak untuk membuat tampilan situs ini menjadi lebih menarik. Tapi mungkin juga penguasaan teknik pembuatan situs alam maya, justru pada akhirnya hanya akan menghasilkan rancangan kasat mata yang minimalis, karena pengalaman aku melihat berbagai situs yang ku sukai biasanya adalah yang tidak ramai. Kemungkinan aku lebih berpikir pada struktur informasi yang disampaikan. Bila memang tampilan tertentu mendukung maka ia akan digunakan.

Hal lain adalah keinginan untuk menggunakan situs ini sebagai sarana latihan menulis spontan, dan produktif, tanpa terlalu mempertimbangkan aturan yang terlalu banyak. Tulisan dan tampilan sini tidak dirancang dengan bertele-tele. Bila kita percaya pepatah "Allah bisa karena biasa", maka diharapkan dengan membiasakan menulis di sini kemampuan untuk menyampaikan gagasan dan perasaan secara panjang lebar, tapi tetap rnut sehingga bisa diikuti oleh orang lain bisa tercapai.

Kemungkinan besar isi situs ini akan berkisar pada masalah politik, karena itu pekerjaan sehari-hari. Bukan sebagai pelaku politik tetapi sebagai peneliti, dan mungkin sedikit aktivis. Dalam pekerjaan ku lingkungan LSM merupakan lingkaran pekerjaan, dan pergaulan. Judul 'Kelana Maya' dipilih karena untuk mengisina perlu memasuki dunia maya, kemungkinan besar sebelum mengisi aku akan bertualang kesana dan sini untuk mendapat informasi terbaru, atau sekedar melihat lihat apa yang baru. Ada banyak hal menarik yang ingin aku tuangkan di sini.

Seberapa besar sesungguhnya dampak internet (jejaring maya) pada kehidupan nyata, pada masyarakat umum? Ini pertanyaan besar yang akan dicoba untuk di tuangkan di sini. Pencaharian terus menerus, adakah sesuatu yang menarik di alam maya yang ditemu dalam waktu belakangan. Misalnya hari ini saat pemilihan Presiden AS, berlangsung adalah menarik mengikuti informasi yang berkembang tidak dari media korporasi besar seperti CNN, tetapi bagaimana berbagai kelompok masyarakat menanggapi kemenangan Bush.

Sebelum bermain dengan sarana ini aku sudah menjalani chatting di yahoo chat, untuk beberapa saat aku sudah sangat aktif. Sedikit banyak tertangkap bagaimana perbincangan lintas lokasi berjalan, dan membentuk komunitas sendiri. Situs seperti ini yang berbeda dengan chat tentu mempunyai implikasi yang berbeda. Kalau chat banyak diisi oleh perbincangan yang kerap tidak bisa diikuti, runtutannya, saat berlangsung di suatu room (atau kanal kalau di IRC). Keammpuan kita untuk cepat memperkenalkan topik dan menimpali pembicaraan yang berlangsung, yang sering lebih merupakan ekspresi tanpa gagasan, sangat memusingkan bagi mereka yang belum terbiasa.

Pada bagian awal ini, memang tertuang tanpa struktur dan persiapan. Tidak heran ia menajdi suatu yang tidak enak diikuti. Mungkin untuk posting berikut aku harus lebih berpikir untuk menjadikannya lebih baik. Untuk saat ini seua ini lebih merupakan uji coba secara langsung.

Dengan sendirinya tanggapan siapapun atas semua yang tercantum atau terlewatkan akan sangat membahagiakan, walau isinya celaan, karena paling tidak artinya ada yang membaca. Secepat aku bisa aku akan mencoba memberi tanggapan. Atas apa yang terjadi pada anda sampai terdampar kesini, aku tak tahu musti mengucapkan selamat atau turut berduka cita.

Tidak ada komentar: