08 November 2004

group hug // anonymous online confessions

Ada situs web (berbahasa Inggris) yang dimaksudkan untuk menampung pengakuan dosa. Entah efektif atau tidak tetapi penggunanya cukup banyak, bagaimana pangakuan dosa dalam gereja (katolik) pindah ke alam maya.

group hug // anonymous online confessions: "con*fess'\, v. i. 1. to make confession; to disclose sins or faults, or the state of the conscience.

the idea is for anyone to anonymously confess to anything. it actually feels kind of good to know that someone will read it.

this is completely confidential. no information about you or your computer is stored. in fact, we only collect the text you type, the date, and a random number."

Kalaupun kita tidak mau mengisinya, mungkin dengan membaca pengakuan orang lain kita bisa kurang merasa berdosa dengan kesalahan/dosa yang kita lakukan. Atau lebih baik seperti ditulis oleh pencipta situs ini , bila kita mengungkapkan (biar secara rahasia, situs ini tidak memuat atau merekam siapa yang membuat pengakuan) dosa kita ada perasaan lega, juga kala kita tahu bahwa ada orang lain yang membacanya.

Kalau mau yang lebih aman lagi dengan efek yang sama, coba tuliskan kesalahan/dosa kita pada secarik kertas lalu bakar kertas itu. Olah pikir kita kala kita menacoba merumuskan kesalahan/dosa kita kerap bisa mengarahkan kita pada perbuatan yang benar, seperti meminta maaf pada mereka yang kita rugikan dan memperbaiki kesalahan kita. Setidaknya kita masih mengakui (dalam hati kecil kita) bahwa tindakan kita adalah salah.

Tidak ada komentar: