31 Mei 2005

Jadilah Blogger yang Lebih Produktif

Orang sering bertanya bagaimana saya bisa tetap menjaga situs saya bergerak maju dan terbaharui dengan isi yang baik (semoga) sesering yang saya lakukan. Saya sebenarnya telah beberapa kali membicarakan ini di situs utama saya, Asterisk dan saya sedang memikirkan sebuah buku/situs yang dikhususkan pada gagasan kreasi isi (content) yang berhasil.

Masalahnya, saya berusaha keras menjaga situs saya selalu terkini, menarik dan bergerak maju. Jawaban spontan saya adalah bahwa saya "menulis cepat", hal itu benar, tapi ada hal lain. Menjadi penyedia konten (blogger) yang produktif berarti anda harus terorganisasi, melakukan yang terbaik untuk tiap gagasan bagus dan tahu kapan harus bekerja dan kapan menunggu.

Berikut beberapa tip yang bisa menolong:

  • Luangkan waktu untuk menulis (atau podcasting dll) and patuhilah. Terdengar sederhana, tapi hidup sering mengganggu waktu ini. Anda perlu mempertahankan waktu kreatif anda dengan pengorbanan apapun.
  • Buat (dan jalankan) jadwal publikasi. Saya sering melakukan ini waktu saya baru mulai. Hal ini sungguh membantu saya tetap pada tujuan dan termotivasi. Sekarang saya punya jadwal yang longgar, tetapi ada kalanya saya mencoba dan merencanakan sesuatu yang lebih pasti untuk memastikan saya tidak tertinggal terlalu jauh.
  • Buatlah suatu jurnal gagasan. Saya sudah terbiasa punya satu di tempat tidur, satu bersama saya dan bila semua itu gagal, saya punya halaman gagasan terpasang di Backpack. Anda tidak pernah tahu kapan anda memerlukan gagasan yang bagus.
  • Manfaatkan waktu puncak kreatifitas anda. Ini hal besar. Ada saat saya kebanjiran gagasan, saat itu saya tinggalkan apapun yang sedang saya lakukan bila mungkin, dan menulis, menulis, menulis. Pada saat begini saya bisa membuat lebihan gagasan bagus untuk dimanfaatkan kala saya perlu waktu istirahat. Yang membawa saya pada ...
  • Ambil waktu beristirahat. Hanya ada sedikit hal yang lebih baik dari pada beristirahat bagi mesin kreatifitas anda.. Sebanyak apapun saya berkarya, banyak waktu saya hanya beristirahat dan menikmati hasil kerja. Saya perlu waktu seperti ini untuk terus bekerja.
  • Baca. Kunci untuk bisa produktif adalah memiliki hal untuk dibicarakan. Luangkan waktu tiap hari untuk membaca. Maksud saya benar-benar membaca, bukan membaca sekilas! Hal ini sering memberimu gagasan kecil yang berlanjut pada hal besar.
  • Mulai dengan judul. Kadang cukup dengan mendapat gagasan dan menuliskan judul bisa melancarkan tulisan selanjutnya.
  • Pilih gaya dan intonasi bercakap-cakap. Hal ini membantu aliran kata-katammu. Mungkin cara terbaik untuk menulis, tapi hal ini baik untukku dan menghemat waktuku.
  • Berhubungan dan termotivasi. Saya mendapati bahwa komunitas cara bagus untuk mempertahankan energi. Berbicaralah dengan orang-orang, buat konten diseputar pembicaraan. Hal ini mengarah pada lebih banyak energi dan lebih banyak gagasan. Juga, hal adalah hal yang memotivasi bila kita tahu bahwa orang lain juga punya perhatian pada hal sama dengan kita dan berurusan dengan masalah yang sama.
  • Jangan khawatir gagal. Lewat kegagalan kita belajar dengan sungguh-sungguh. Kekhawatiran bisa mengganjal kreatifitas. Sya dapati bahwa lebih baik untuk selalu bergerak maju dan menangani kegagalan saat ia terjadi. Dan kegagalan pasti terjadi, terlepas dari berapa waktu kamu mengkhawatirkannya.
  • Jangan terlalu pusing dengan tata bahasa (atau penuturan kalau kamu seorang podcaster). Orang tidak sempurna dan walau saya menghormati para editor dan menghargai kerja pengeditan, anda perlu menyadari (atau kalau kamu seperti saya lebih dari sedikit) salah ketik dan kesalahan tata bahasa. Jangan siksa diri anda karenanya. Pesan andalah yang paling berharga.
  • Tetaplah positif. Cukup itu saja.
  • Coba sesuatu yang baru. Kalau kamu merasa kamu terjebak dalam pengulangan, keluar dan cobalah sesuatu yang baru. Ini lah persis yang saya lakukan dengan "To-Done" dan tidak saja hal ini membuka dunia baru untukku dengan teman baru dan hal baru untuk didiskusikan, ia juga telah melancarkan semangat kreatifitas di bidang lain. Hal ini terjadi dengan gagasan dan hal yang kita tuliskan juga hal ini memelihara ketajaman pikiranmu, siap dan kreatif juga.

Aku senang mendengan beberapa tip kalian untuk menjadi blogger (atau podcaster) yang produktif jadi, tolong berbagilah di sini kalau ada.

*** diterjemahkan dari "Be a More Productive Blogger" by D. Keith Robinson - To-Done; 24 Mei 2005

Tidak ada komentar: