13 September 2005

Merumuskan "personal mission statement"

Buat yang mencari kerja membuat CV atau riwayat hidup merupakan keharusan. Bentuk modern cv memang tidak sekedar menjejerkan kehidupan, sekolah, bekerja, dan berbagai pengalaman bermasyarakat; mencantumkan "personal mission statement" yang mungkin bisa diterjemahkan bebas sebagai "pernyataan misi pribadi" (aneh ya kedengarannya) merupakan hal yang juga diharapakan. Dengan membaca pernyataan tentang misa pribadi kita dalam hidup seorang pencari pekerja bisa menilai apakah orang dengan tujuan dan misi hidup seperti ini cocok dengan suasana kerja di perusahaan atau organisasi. Dari sini juga kemudian bisa dibangun interview yang mudah untk menilai kejujuran dan pengenalan diri sang calon.
 
Mungkin sulit untuk merumusakannya, artikel yang dikutip di bawah ini memberi petunjuk praktis bagaimana untuk menyusun atau membuatnya. (dalam bahasa Inggris)
 

 
 
The biggest problem most job-seekers face is not in wanting to have a personal mission statement, but actually writing it. So, to help you get started on your personal mission statement, here is a five-step mission-building process. Take as much time on each step as you need -- and remember to dig deeply to develop a mission statement that is both authentic and honest. And to help you better see the process, we’ve included an example of one job-seeker’s process in developing her mission statement.
 
Powered By Qumana

Tidak ada komentar: