12 April 2005

Bumi+Manusia+(1980)


Bumi+Manusia+(1980)
Originally uploaded by Rio Menajang.
Buku ini telah merubah cara aku memandang dunia dan kehidupan. Baik ceritanya maupun cerita tentang kehidupan penulisnya, Pramudya Ananta Toer. Merupakan bagian pertama dari tetralogi (4 buku serangkaian), buku ini bercerita tentang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Membaca buku ini saat aku sedang belajar ilmu politik di FISIP UI, memang memberi banyak pemahaman tentang bagaimana dunia ini. Keterkaitan antara hal-hal subyektif dan obyektif, yang mikro dan yang makro, jagad cilik dan jagad raya kata orang jawa. Segala keterbatasan dan keleluasaan manusia untuk mengerti perjalanan sejarah dan memilih bagaimana dia akan bersikap atas semua hal yang terjadi disekitarnya.

Dulu aku membeli beberap eksemplar buku ini, yang beredar resmi tidak terlalu lama dan segera dilarang orang penguasa pada saat itu. Alam yang represif dan ketakutan akan komunisme sebagai cara untuk terus mempertahankan kehadiran tentara dalam setiap aspek kehidupan Indonesia telah merebut kesempatan orang membaca buku ini dengan meluas. Banyak buku yang aku beli ini aku berikan pada teman-teman dekatku, mungkin dengan harapan mereka bisa mengerti apa yang aku pikirkan dan mengapa aku bersikap seperti apa yang menjadi sikapku.

Tidak ada komentar: