05 Juni 2005

pbWiki - storiati: FrontPage

Pernah dengar tentang Wiki? Mungkin tentang wikipedia yang menjadi tandingan ensiklopedia, dengan mengandalkan pada luasnya pengetahuan yang tersebar pada banyak orang dia menjadi bentuk perumusan tentang segala sesuatu yang dirumuskan secara beramai-ramai oleh mereka yang peduli untuk turut merumuskannya.

Berbeda dengan ensiklopedia yang bertumpu pada luas dan dalamnya pengetahuan tentang masalah tertentu pada para editor dan penulis yang dipilih karena pengakuan yang diterima sebagai bidang dalam bidang tertentu, wikipedia ditulis isinya oleh mereka yang mau meluangkan waktu untuk menuangkan sedikit (atau banyak) pengetahuannya tentang suatu topik tertentu.

Pada dasarnya teknologi wiki memungkinkan pertautan antar berbagai dokumen (ulasan) dengan memanfaatkan teknologi html. sehingga tiap referensi pada suatu hal bisa langsung ditelusuri pada tulisan yang lebih luas.

Aku misalnya bereksperimen dengan wiki seperti pada wiki yang ada link/tautannya di bawah ini. Saat ini sedang memikirkan untuk memanfaatkannya untuk suatu hal yang lebih serius dan produktif.

_______________________

pbWiki - storiati: FrontPage: "Ini wiki-nya Rio, untuk belajar saja sih, siapa tahu bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Mungkin seperti yang disebutkan oleh pembuatnya berguna untuk diskusi kelompok dan mengembangkan pengetahuan kelompok yang lainnya. Bagaimana mengoperasikan sebuah wiki sih."

Tidak ada komentar: