05 Juni 2005

pbWiki - pelayananpublik: FrontPage

Mencoba membahas Pelayanan publik dengan memanfaatkan wiki, silahkan kalau mau berpartisipasi! Password: "1pc05" tanpa " ".

_________________________________________

pbWiki - pelayananpublik: FrontPage: "Persoalan besar reformasi Indonesia saat ini adalah kenyataan proses reformasi ternyata tidak membawa dampak nyata dalam kehidupan mereka. Semakin lama semakin terasa bahwa reformasi tidak lain dari suatu proses sirkulasi elit semata. Tidak mengherankan bahwa konsep utama yang dibawa oleh reformasi sendiri mulai dipandang dengan sinis. Berbagai analisis telah diberikan, dan ini mungkin hanya salah satunya. Lewat wiki ini ingin dikembangkan pemikiran untuk melihat proses demokratisasi lewat kacamata DemokrasiSubstantif.

Substansi demokrasi berbicara tentang hasil demokrasi yang bisa dinikmati oelh rakyat, berbeda dengan pemahaman demokrasi yang memfokuskan pada pemenuhan hak politik sebagai bagian dari proses politik. Bukan menafikan pentingnya proses tetapi kegagalan untuk secara langsung membicarakan dan merancang suatu sistem politik yang efektif dan sesuai dengan prisip TataPemerintah yang baik (good governance) dalam perspektif rakyat adalah kegagalan negara/pemerintah untuk membuat kehidupan keseharian rakyat menjadi lebih baik."

Tidak ada komentar: