13 Maret 2005

How To Detect Bias In News Media

How To Detect Bias In News Media: "How To Detect Bias In News Media
Media have tremendous power in setting cultural guidelines and in shaping political discourse. It is essential that news media, along with other institutions, are challenged to be fair and accurate. The first step in challenging biased news coverage is documenting bias. Here are some questions to ask yourself about newspaper, TV and radio news."

Bagaimana mengawasi media, bagaimana menjalankan "media watch" yang baik? Artikel dan organisasi ini merupakan bentuk pengawasan oleh masyarakat terhadap kinerja media. Tidak hanya berteriak, tetapi mendasarkan diri terhadap data yang dikumpulkan, dari suatu penerbitan tentang suatu isu yang dipublikasikan misalnya kita bisa mengetahui bias suatu pemberitaan, tidak memenuhi prinsip liputan berimbang. Juga dengan memperhatikan keberagaman personalia suatu penerbitan di bandingkan dengan keberagaman masyarakat/komunitas di mana kelompok berita itu hidup juga merupakan masalah.

Sudut pandang pemberitaan merupakan pokok bahasan lain pula, juga mencoba untuk mencari penerapan standar ganda dalam peliputan dan penulisan berita. Dan beberapa hal penting lain tergambar di situs ini.

Tidak ada komentar: