06 Desember 2004

Condensed China: Chinese History for Beginners

Condensed China: Chinese History for Beginners: "Condensed China is an introduction to Chinese history. It exists to inform, enlighten, and attract netizens interested in China. It is not a complete history of China; I deliberately skipped over and left out a lot of information. This is more like ''Chinese History: the Cliff Notes version' or 'Chinese History's Greatest Hits' than a full-fledged history."

Kalau bisa bahasa Inggris dan ingin belajar tentang sejarah Cina (sebagai pemula) dengan cepat situs ini mungkin merupakan tempat yang baik sih. Dengan semakin pentingnya peranan RRC di dunia, baik secara politis maupun secara ekonomi, mengenali sejarah Cina mungkin menjadi hal yang penting. Dengan mempelajari sejarah (dan kebudayaannya) kita lebih bisa memahami perlilaku dan pemikiran kontemporernya.

Khusus untuk Indonesia mungkin juga pemahaman tentang sejarah Cina akan membantu kita memahami kelompok minoritas yang besar sekali perannya dalam perekonomian nasional ini. Praktisnya untuk mereka yang mencari kerja bila mengenal sejarah Cina adalah kala berhadapan dengan pelaku ekonomi atau penginterview yang terkait dengan Cina baik dari leluhurnya maupun karena perusahaan tempat kerjanya ada hubungan entah bagaimana caranya dengan Cina dan sejarah Cina (pemiliknya mungkin) kepekaan kita tentang sejarah can budaya Cina mungkin memberi keunggulan tersendiri.

Terlepas dari semua itu, pengetahuan itu pada dirinya sendiri adalah sesuatu yang berharga. Dengan pengetahuan kita tentang sejarah, kita bisa merefleksi diri, membantu kita mengerti banyak ha yang terjadi di dunia, juga dalam diri kita sendiri. Walau mungkin untuk yang terakhir ini berbagai karya sastra (yang terkait sejarah) akan lebih banyak membantu, tetapi pengtahuan kita tentang sejarah akan memberi konteks untuk pengenalan dinamika internal manusia, termasuk diri kita sendiri.

Interaksi antara jagad besar (makro kosmos) dan jagad kecil (mikro kosmos) merupakan komponen pembentukan seluruh kenyataan sebgai suatu totalitas. Apa yang terjadi secara global dalam segala jaman, sejarah umat manusia, terkait pada perkembangan kepribadian sesorang dari kecilnya lewat segala pengalaman dan informasi yang diterimanya untuk membentuk pemahaman dan pola respons-nya terhadap semua yang terjadi di sekitarnya. Pada gilirannya response atau tanggapan seseorang terhadap alam sekitarnya turut membentuk perjalanan sejarah umat manusia. Segala hal dalam hidup ini saling terkait.

Tidak ada komentar: