10 Maret 2007

Warga Kelapa Gading Jakarta Bersatu Atasi Banjir: Di Mana Peran Pemerintah?

 

Warga Kelapa Gading, Jakarta Utara bersatu mengatasi banjir dengan membentuk Forum Peduli Lingkungan Masyarakat Kelapa Gading (FPLMKG). ... ...

...

Tujuan utama dibentuknya FPLMKG antara lain menghimpun seluruh potensi masyarakat Kelapa Gading dari warga untuk warga dan oleh warga.

Source: ANTARA News :: Warga Kelapa Gading Jakarta Bersatu Atasi Banjir

Sebetulnya hal serupa telah dilakukan oleh warga Pluit dengan berhasil, mereka relatif bebas dari banjir yang terjadi awal 2007. Dengan membangun secara swadaya pompa air serta meningkatkan saluran air menuju laut kawasan ini terbukti bisa membebaskan diri dari bencana. Hal ini sama sekali tidak salah, tetapi menjadi pertanyaan "di mana negara?".

Pluit dengan letaknya yang dekat dengan laut bisa melakukan pembebasan diri dari banjir tanpa harus bersinggungan dengan siapa-siapa; jangan-jangan upaya yang dilakukan oleh warga Kelapa Gading akan menjadi pemicu konflik dengan warga yang lain. Misalnya air yang dialirkan dari Kelaga Gading harus melalui tempat pemukiman lain, atau karena pertahanan swadaya air mengalir menuju tempat lain.

Peran negara adalah melindungi segenap warganya dalam bentuk pelayanan publik, salah satu prinsip pelayanan publik modern adalah non-diskriminatif, termasuk tidak membedakan kemampuan membayar. Utamanya layanan publik dasar seperti keamanan dan keselamatan, layanan harus diberikan pada setiap warga tanpa membedakan kedudukan ekonomi dan kemampuan membayarnya.

Tidak ada komentar: