20 Juli 2005

SPKUI :: Sistem Penunjang Keputusan Investasi

Ternyata ada situs (berbahasa Indonesia) yang mudah untuk membuat keputusan investasi bagi usaha kecil dan menengah (UMKM). Cukup dengan mengubah beberapa variabel secara online kita sudah memiliki perhitungan kelayakan yang canggih, dibuat oleh Bank Indonesia.



SPKUI :: Sistem Penunjang Keputusan Investasi: "Sistem Penunjang Keputusan Investasi (SPKUI) dirancang untuk memberikan gambaran model kelayakan finansial suatu unit usaha kecil yang lebih fleksibel. Pengguna dapat melakukan perubahan-perubahan terhadap informasi dasar atas nilai asumsi biaya dan beberapa parameter teknis yang dicantumkan dalam model. Pertimbangan perubahan ini dapat didasarkan atas perbedaan waktu dan lokasi model kelayakan suatu unit usaha akan diterapkan. Melalui SPKUI pengguna dapat mencoba sendiri untuk mendapatkan beberapa alternatif kelayakan investasi yang mungkin dari suatu unit usaha.

SPKUI mencakup 60 komoditi yang telah memiliki model pembiayaan dari hasil survey Bank Indonesia. Informasi yang disajikan berupa aspek keuangan dari model kelayakan finansial suatu unit usaha yang meliputi: Biaya Investasi & Operasional, Proyeksi Arus Kas, Proyeksi Rugi/Laba, dan Indikator Kelayakan Usaha menurut jenis skim kredit yang digunakan."

Tidak ada komentar: